Studi dan Riset Akuntansi Pemerintahan


Study on The Existing Central and Local Government budgeting and Accounting (pdf 81KB)

Studi ini merupakan hasil penelitian pada praktik akuntansi dan penganggaran yang berlaku saat ini pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, yang diawali dengan mengkaji praktik yang ada sesuai peraturan perundangan yang ada seperti Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002, dan MAKUDA.
Dengan terbitnya UU Keuangan Negara, proses dan struktur anggaran yang ada saat ini harus dimodifikasi. Disamping itu, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus meyusun laporan keuangan yang terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Study on Accounting for Liabilities and Related Cost (pdf 607KB)

Studi oleh tim KSAP yang dipublikasikan pada Juni 2003 Pemerintah, dalam memberikan pelayanan publik, terkadang harus melakukan pinjaman atau utang kepada negara lain ataupun lembaga keuangan. Utang tersebut merupakan bagian dari kewajiban pemerintah. Studi ini menguraikan definisi kewajiban, prinsip-prinsip pengakuan kewajiban, penilaian maupun klasifikasi kewajiban.Studi ini juga mengupas surat utang negara, manajemen utang pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta isu-isu lain yang berkaitan dengan kewajiban pemerintah.

Study on Accounting for Fixed Assets (pdf 445KB)

Studi ini dipublikasikan pada 14 Mei 2003
Pada studi ini disajikan praktik dan standar akuntansi aset tetap yang ada di berbagai negara. Definisi aset tetap, pengakuan dan pengukuran aset tetap, serta penyusutan aset tetap diuraikan secara jelas.
Manajemen aset pemerintah pusat dan pemerintah daerah juga disajikan secara gamblang dalam studi ini.

Study on Notes to The Financial Statement (pdf 81KB)

Catatan atas Laporan Keuangan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari laporan keuangan. Studi ini menyandingkan standar akuntansi untuk catatan atas laporan keuangan yang ada pada draft publikasian PSAP No. 1 dengan IPSAS No. 1.
Praktik penyajian catatan atas laporan keuangan di berbagai negara seperti Australia, Spanyol, Kanada dan Amerika Serikat disajikan dalam studi ini.