Pertemuan International Public Sector Accounting Standards Board Consultative Advisory Group (IPSASB CAG) 2019


Jakarta, 25 Juni 2019 – Pada tanggal 17-21 Juni 2019,  dilakukan serangkaian pertemuan International Public Sector Accounting Standards Board (IPSASB) serta Consultative Advisory Group (CAG). Anggota IPSASB CAG terdiri dari perwakilan dari pemerintah, organisasi sektor publik, sektor swasta maupun individu yang memiliki keterkaitan dengan penyusunan dan pengembangan International Public Sector Accounting Standards (IPSAS). Tahun 2019, merupakan periode kedua keanggotaan Firmansyah N. Nazaroedin untuk masa kerja sampai dengan akhir 2020 mewakili Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Pada pertemuan kali ini, dimulai dengan pemaparan terkait Reforming & IPSAS Implementation pada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi (KSA). Pada paparan tersebut disampaikan strategi pelaporan keuangannya yang menjadi project nya dan dikenal dengan sebutan Cash to Accrual Accounting. Strategi ini mirip dengan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia yang dimulai pada tahun 2004 dan dikenal dengan Cash towards Accrual.

Selanjutnya diskusi membahas mengenai project penyusunan IPSAS baru diantaranya Capital Grants, Natural Resources serta Heritage. Pembahasan terkait dengan pemilihan perlakuan akuntansi atas pengakuan capital grants, ruang lingkup yang akan diatur dalam standar terkait natural resources serta penggunaan symbolic value atas pengukuran aset bersejarah (heritage assets).

Perkembangan cakupan pengaturan akuntansi pada sektor publik saat ini berkembang dengan cepat, karena itu dengan menjadi salah satu anggota IPSASB CAG, Pemerintah Republik Indonesia memiliki peranan yang cukup signifikan dalam menentukan arah pengembangan International Public Sector Accounting Standards (IPSAS).

(Ilhamsyah dan Mega Meilistya)