Keanggotaan KSAP


Keanggotaan KSAP ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 84 Tahun 2004 tentang Komite Standar Akuntansi Pemerintahan pada tanggal 5 Oktober 2004, yang telah diubah dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2005 tanggal 4 Januari 2005, kemudian untuk kedua kalinya dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2009 tanggal 2 Maret 2009, ketiga kali diubah dengan Keppres Nomor 21 Tahun 2013 tanggal 12 Juli 2013, dan keempat kali diubah dengan Keppres Nomor 30 Tahun 2016.

KSAP terdiri dari Komite Konsultatif, Komite Kerja, Kelompok Kerja, dan Sekretariat.

Komite Konsultatif:

Direktur Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan
sebagai Ketua merangkap Anggota, saat ini Direktur Jenderal Perbendaharaan dijabat oleh Dr. Marwanto Harjowiryono, MA sejak tanggal 27 November 2013.
dirjen keuda baru

Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri
sebagai Wakil Ketua merangkap Anggota, saat ini Direktur Jenderal Keuangan Daerah dijabat oleh Drs. Reydonnyzar Moenek, M. Devt. M

Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)
sebagai Anggota, saat ini Ketua Dewan Pimpinan Nasional IAI dijabat oleh Prof. Dr. Mardiasmo, SE., AK., MBA

 

Sonny Loho, Ak., MPM.
sebagai Anggota, saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Jenderal Kekayaan Keuangan. Sebelumnya beliau menjabat Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan. Beliau merupakan alumnus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara 1984 yang melanjutkan S2 Master of Public Management di Carnegie Mellon University, Pittsburgh, Amerika Serikat.

Dr. Binsar H. Simanjuntak, CMA.
Ketua merangkap Anggota
Sampai saat ini beliau menjabat sebagai Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Sosial, dan Kemananan-BPKP, sebelumnya menjabat sebagai Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian. Alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tahun 1985, Melanjutkan S2 di Case