Keanggotaan KSAP

Keanggotaan KSAP ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 84 Tahun 2004 tentang Komite Standar Akuntansi Pemerintahan pada tanggal 5 Oktober 2004, yang telah diubah dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2005 tanggal 4 Januari 2005, kemudian untuk kedua kalinya dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2009 tanggal 2 Maret 2009, dan ketiga kali diubah dengan Keppres Nomor 21 Tahun 2013 tanggal 12 Juli 2013.

KSAP terdiri dari Komite Konsultatif, Komite Kerja, Kelompok Kerja, dan Sekretariat.

Komite Konsultatif:

Anggota Komite Konsultatif berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2009 tanggal 2 Maret 2009:


Direktur Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan
sebagai Ketua merangkap Anggota, saat ini Direktur Jenderal Perbendaharaan dijabat oleh Dr. Marwanto Harjowiryono, MA sejak tanggal 27 November 2013.
dirjen keuda baru

Direktur Jenderal Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri
sebagai Wakil Ketua merangkap Anggota, saat ini Direktur Jenderal Keuangan Daerah dijabat oleh Drs. Reydonnyzar Moenek, M. Devt. M

Direktur Jenderal Anggaran, Kementerian Keuangan
sebagai Anggota, saat ini Direktur Jenderal Anggaran dijabat oleh Askolani, SE, MA sejak 27 November 2013

Ketua Dewan Pimpinan Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)
sebagai Anggota, saat ini Ketua Dewan Pimpinan Nasional IAI dijabat oleh Prof. Dr. Mardiasmo, SE.,AK.,MBA

Prof. Dr. Mardiasmo, SE.,AK.,MBA sebagai Anggota, saat ini selain sebagai Kepala BPKP, beliau juga terpilih menjadi Ketua Dewan Pimpinan Nasional IAI sejak tahun 2010. Beliau mendapat gelar Sarjana Akuntansi dari UGM Yogyakarta tahun 1977, Master dari University of Bridgeport, Connecticut, United States (1988) dan Doctor, School of Public Policy, University of Birmingham, United Kingdom (1994)

Prof. Dr. Wahjudi Prakarsa sebagai Anggota, Guru besar FEUI yang mendalami Akuntansi Manajemen ini dikenal sangat produktif dalam menghasilkan Doktor di FEUI. Beliau mendapatkan gelar S1 di bidang Akuntansi dari FEUI tahun 1968, MBA dari University of Wisconsin tahun 1974 serta Ph.D di bidang Akutansi dari University of Missouri tahun 1980.

Keanggotaan Komite Konsultatif periode sebelumnya:

Komite Kerja:

Anggota Komite Kerja berdasarkan Keppres No. 21 Tahun 2013:

Dr. Binsar H. Simanjuntak, CMA.
Ketua merangkap Anggota
Sampai saat ini beliau menjabat sebagai Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Sosial, dan Kemananan-BPKP, sebelumnya menjabat sebagai Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian. Alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tahun 1985, Melanjutkan S2 di Case Western Reserve University lulus tahun 1990, dan S3 dari Cleveland State University , USA lulus tahun 1995. Selain di BPKP beliau aktif sebagai anggota Forum Corporate Governance Indonesia, Anggota Dewan Pertimbangan Profesi IAI Kompartemen Akuntan Manajemen, Anggota Institut Management Accountant dan Anggota Institute of Internal Auditor. Tahun 2002-2004 menjadi anggota Dewan Juri Annual Report Award. Dr. Binsar juga mengajar di beberapa Perguruan Tinggi Negeri/Swasta antara lain Program Doctoral Pasca Sarjana UI, MAKSI UI, PPAK UI, MM Prasetya Mulya, Trisakti dan STAN Jakarta

Drs. A.B. Triharta Ak., MM
Wakil Ketua merangkap Anggota
Saat ini beliau menjabat sebagai salah satu Dewan Pengawas BLU Pusat Investasi Pemerintah Kementerian Keuangan. Alumnus UGM 1970 dan Magister Manajemen Universitas Indonesia 1993 ini pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Arthaloka Indonesia, Komisaris PT Danareksa Dosen staf pengajar MAKSI-UI.

Sony Loho, Ak.,MPM.
Sekretaris merangkap Anggota
Saat ini beliau menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan sejak 21 Januari 2011 dan sebelumnya pernah menjabat Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan. Beliau merupakan alumnus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara 1984 yang melanjutkan S2 Master of Public Management di Carnegie Mellon University, Pittsburgh, Amerika Serikat.

Jan Hoesada

Dr. Jan Hoesada, MM.
Anggota Komite Kerja
Lahir tanggal 26 Juli 1947 di Jember, Menimba ilmu dari Kota Apel, Malang Jawa Timur dari SD sampai SMA dan menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi UGM pada tahun 1973. Kemudian dilanjutkan dengan S2-nya di MM-UI. Pengalaman kerjanya diawali sebagai asisten auditor pada Kantor Akuntan Hanadi Rahardja, akhirnya saat ini menjadi pimpinan PT Multi Prima Widya Consultant. Di sela-sela kesibukan mengelola kantornya dia juga menjadi staf pengajar di beberapa perguruan tinggi, di antaranya MM-UI, Universitas Bina Nusantara dan MT-UI. Disamping itu, dia juga menyempatkan diri untuk menjadi pengamat humor di Indonesia. Anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan sejak 1990 sampai sekarang.

Yuniar Yanuar Rasyid, Ak., MM.
Anggota Komite Kerja

Sebelum menjabat sebagai Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan, beliau pernah bertugas sebagai Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo. Alumnus STAN tahun 1989 ini memperoleh gelar Master di Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Dr. Dwi Martani, Ak., MM.
Anggota Komite Kerja

Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, beliau juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd). Alumnus UI tahun 1993 ini memperoleh gelar Doktor di UI.

Sumiyati, Ak., MFM.
Anggota Komite Kerja

Saat ini beliau menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Kementerian Keuangan, sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Bagian Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Setjen Kementerian Keuangan. Beliau lulus D IV STAN tahun 1989 dan memperoleh gelar Master of Financial Management dari Central Queensland University tahun 1994.

Firmansyah N. Nazaroedin, Ak., MSc.
Anggota Komite Kerja

Saat ini beliau menjabat sebagai Inspektur VI pada Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan, sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah. Beliau merupakan lulusan STAN tahun 1985 dan memperoleh gelar Master of Science in Information Management, School of Engineering and Applied Science, The George Washington University, Washington, DC., USA tahun 1994.

Drs. Hamdani, MM, M.Si, Ak.
Anggota Komite Kerja

Sebelum menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Keuangan dan Ekonomi, beliau menjabat sebagai Direktur Anggaran Daerah Kementerian Dalam Negeri. Beliau merupakan alumnus Universitas Andalas tahun 1987 dan memperoleh gelar Master di universitas yang sama, selain itu beliau juga memperoleh gelar Master dari Universitas Sriwijaya.

 

Keanggotaan Komite Kerja periode sebelumnya:

Kelompok Kerja:
Kelompok Kerja ditetapkan setiap tahun oleh Ketua Komite Kerja. Keputusan terakhir yaitu Keputusan Ketua Komite Kerja Nomor KEP 08/K.1/KSAP/I/2015 tanggal 27 Februari 2015.

No Nama Kedudukan
1 Edward U.P. Nainggolan, Ak., M. Ak. Ketua Kelompok Kerja
2 Mega Meilistya, SE., Ak., MBA Wakil Ketua Kelompok Kerja
3 Moh. Hatta, Ak., MBA Anggota
4 Amdi Very Dharma, Ak., M.Acc Anggota
5 Drs. Agus M. Kristianto, Ak., MA Anggota
6 Chalimah Pujihastuti, SE, Ak, MAFIS Anggota
7 Yulia Candra Kusumarini, S.Sos, SE Anggota
8 Syaiful , SE, Ak., MM , CA Anggota
9 Hamim Mustofa, Ak., CA Anggota
10 Hasanudin, Ak., M. Ak., CA Anggota
11 Heru Novandi, SE, Ak., CA Anggota
12 Muliani Sulya Fajarianti, SE, M. Ec. Dev Anggota
13 Zulfikar Aragani, SE, MM Anggota
14 Rahmat Mulyono, SE, Ak., M. Acc., CA Anggota
15 Mugiya Wardhani, SE, M. Si Anggota
16 Lucia Widiharsanti, SE, M. Si., CFE, CA Anggota
17 Dr. Mei Ling, SE, Ak., MBA, CA Anggota
18 Jamason Sinaga, Ak., MAP, CA Anggota
19 Kadek Imam Eriksiawan, Ak., M.Sc., M.Prof. Acc., BAP, CA Anggota
20 Slamet Mulyono, SE, Ak., M.Prof. Acc Anggota
21 Joni Afandi, SE, Ak., M.Si, CA Anggota
22 Doddy Setiadi, Ak., MM, CPA, CA Anggota
23 Budiman, SST, SE, MBA, Ak. Anggota
24 Joko Supriyanto, SST, Ak., M. Ak Anggota
25 Mauritz Cristianus Raharjo Meta, SST, M. Ak. Anggota
26 Endah Martiningrum, SE, Ak., MBA, CA Anggota
27 Dwinanto, SE, Ak. Anggota
28 Isa Ashari Kuswandono, SE, Ak., M. Ak Anggota
29 Achmad Fauzi, SE Anggota

Keanggotaan Kelompok Kerja periode sebelumnya:

Sekretariat

Sekretariat KSAP ditetapkan oleh Menteri Keuangan berdasarkan usulan dari Komite Konsultatif. Keputusan terakhir yaitu Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1/KM.5/2015 tanggal 26 Januari 2015.

No Nama Kedudukan
1. Joni Afandi, SE, Ak., M.Si, CA Ketua Sekretariat
2. Joko Supriyanto, SST, Ak., M. Ak Wakil Ketua Sekretariat
3. Zulfikar Aragani, SE, MM Anggota
4. Achmad Fauzi, SE Anggota
5. Aldo Maulana Andreti Anggota
6. Harunsyah Hutagalung Anggota
7. Siti Syarifah, SE Anggota
8. Khairul Syawal, SE Anggota
9. Wahid Fatwan Anggota

Keanggotaan Sekretariat KSAP periode sebelumnya


Halaman ini sudah dilihat 7374 kali.